Ronaldo, Neymar, serta Messi Bukan Bintang Termahal di Dunia

Neymar menghancurkan rekor transfer pemain di dunia saat dipinang dengan tarif 222 juta € oleh Paris Saint-Germain. Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo pun tercatat memimpin daftar tertinggi pesepakbola dengan bayaran paling tinggi sejagat sekarang.

Namun begitu, semua hal di atas tidak otomatis membuat mereka sebagai bintang dengan nilai jual paling tinggi sekarang. Mereka bertiga tetap kalah dibandingkan bersama bintang berumur 19 tahun dari Prancis, Kylian Mbappe yang sedang naik daun.

CIES Football Observatory meluncurkan sejumlah nama bintang yang masuk jajaran nilai jual paling tinggi sekarang, berdasarkan tempat. Catatan mencengangkan, Ronaldo malahan tak masuk di dalam sepuluh besar pesepakbola yang diumumkan CIES.

Buat kalangan striker, Mbappe unggul bersama nilai 216,5 juta €. Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, ada pada urutan kedua dengan harga 197,3 juta €. Baru dibuntuti Neymar yang cuma terpaut tipis pada angka 197 juta. Messi tercecer pada posisi ke 6 dengan 170,6 juta.

Posisi pemain berposisi gelandang dipimpin oleh bintang Tottenham yaitu Dele Alli. Bintang berumur 21 tahun itu sekarang tercatat punya nilai jual senilai 163,4 juta €. Temuan mencengangkan hadir melalui posisi pemain bertahan yang beroperasi di sektor sayap, Trent Alexander-Arnold jadi yang paling mahal bersama bandrol 96,4 juta.

Samuel Umtiti menjadi pemain bertahan tengah dengan nilai paling tinggi yaitu 99,2 juta. Sedangkan status Kepa Arizzabalaga menjadi penjaga gawang paling mahal tidak berbanding lurus bersama nilainya sekarang. Dia cuma menduduki tempat ke 5, dibawah Ederson Moraes, Andre ter Stegen, Alisson Becker serta Thibaut Courtois.

Menurunnya hegemoni Ronaldo, Messi, serta Neymar di dalam survey sejenis lumayan menjadi kejutan. Ke 3 nya terhitung tetap jadi bintang andalan pada kesebelasan masing-masing. Bisa dibuktikan tim mereka bertiga juga memimpin klasemen sementara liga domestik tempat mereka bermain.